Kata-kata Bijak Nelson Mandela Pemimpin Kharismatik Benua Hitam


Kata-kata Bijak Nelson Mandela Pemimpin Kharismatik Benua Hitam

Kata-kata Bijak Nelson Mandela Pemimpin Kharismatik Benua Hitam. Sosok yang satu ini sangat terkenal dalam perjuangan menentang rasisme. Nelson Mandella adalah orang yang sangat berjasa dari Afrika Selatan dalam gerakan besar kesetaraan manusia. Ia memberikan teladan terhadap generasi berikutnya bahwa manusia itu sama yang membedakan bukan ras atau warna kulit. Pelajaran terbaik darinya bisa diambil melalui kata-kata bijak Nelson Mandella untuk pembaca semua.

Sejarah telah membuktikan bahwa pengaruh Nelson tidak hanya di benua Afrika melainkan seluruh dunia. Ia bernama lengkap Nelson Rolihlahla Mandela yang lahir pada 18 Juli 1918 dan meninggal di Johannesburg, Afrika Selatan, 5 Desember 2013 pada tutup usia 95 tahun. Mandella adalah seorang revolusioner antiapartheid dan politisi Afrika Selatan yang menjabat sebagai Presiden Afrika Selatan sejak 1994 sampai 1999.

Nelson adalah orang Afrika Selatan berkulit hitam pertama yang memegang jabatan tersebut dan presiden pertama yang terpilih melalui keterwakilan penuh, dalam sebuah pemilu multiras. Pemerintahannya berfokus pada penghapusan pengaruh apartheid dengan memberantas rasisme, kemiskinan dan kesenjangan, dan mendorong rekonsiliasi rasial. Selaku nasionalis Afrika dan sosialis demokratik, ia menjabat sebagai Presiden Kongres Nasional Afrika (ANC) pada 1991 sampai 1997. Selain itu, Mandela pernah menjadi Sekretaris Jenderal Gerakan Non-Blok pada 1998 sampai 1999.

Kata-kata Bijak Nelson Mandela Pemimpin Kharismatik Benua Hitam

Untuk mengetahu sekuat dan sebesar apa kata-kata mutiara Nelson Mandella maka simak berikut ini. Di sini juga disediakan versi bahas inggrisnya.

Semua orang bisa berdiri di atas situasinya dan mendapatkan kesuksesan bila mereka mendedikasikan dan bersemangat dengan apa yang mereka kerjakan.

Mengatasi kemiskinan bukan sebuah sikap amal. Itu merupakan tindakan keadilan. Itu merupakan perlindungan terhadap hak asasi manusia yang fundamental, hak atas martabat dan kehidupan yang layak. Selagi kemiskinan berlanjut, tidak ada kemerdekaan sejati.

Sediakanlah pekerjaan, roti, air dan garam untuk semua. Kata-kata Bijak Nelson Mandela
Inggris: Let there be work, bread, water and salt for all.

Hanya politisi yang tidak turun ke lapangan yang “imun” dari melakukan kesalahan. Kesalahan merupakan hal inheren dalam tindakan politik.
Nelson Mandela

Lebih baik untuk memimpin dari belakang dan menempatkan orang lain di depan, terutama ketika Anda merayakan kemenangan ketika hal-hal baik terjadi. Kata-kata Bijak Nelson Mandela

Anda mengambil garis depan ketika ada bahaya. Kemudian orang-orang akan menghargai kepemimpinan Anda. Kata-kata Bijak Nelson Mandela

Sebuah perhatian dasar dari berbagai komunitas atau individual yang ingin melakukan perjalanan jauh untuk membuat dunia lebih baik adalah dengan bersemangat akan mimpinya. Kata-kata Bijak Nelson Mandela
Inggris: A fundamental concern for others in our individual and community lives would go a long way in making the world the better place we so passionately dreamt of.

Perjuangan kita untuk kemerdekaan dan keadilan merupakan usaha kolektif. Ada di tangan kalian untuk menciptakan dunia yang lebih baik bagi semua orang yang hidup di dalamnya. Kata-kata Bijak Nelson Mandela

Tujuan mempelajari sejarah bukanlah untuk mencemooh tindakan manusia, atau untuk menangisi atau membencinya, tetapi untuk memahaminya. Dan semoga kemudian belajar darinya saat kita merenungkan masa depan kita.
Inggris: The purpose of studying history is not to deride human action, nor to weep over it or to hate it, but to understand it. And hopefully then to learn from it as we contemplate our future.

Untuk bebas tidak hanya membuang satu rantai. Tetapi untuk hidup dalam rasa saling menghargai dan memperbesar kebebasan orang lain.
Inggris: To be free is not merely to cast off one’s chains, but to live in a way that respects and enhances the freedom of others.

Kebencian adalah seperti meminum racun dan berharap musuhmu yang terbunuh. Kata-kata Bijak Nelson Mandela
Inggris: Resentment is like drinking poison and then hoping it will kill your enemies.

Inggris: Education is the most powerful weapon we can use to change the world.

Saya belajar bahwa keberanian tidak akan pernah absen dari ketakutan. Tetapi mereka berhasil menang atas itu. Orang berani bukan mereka yang tidak pernah merasa takut, tapi mereka yang bisa menaklukkan rasa takut itu. Kata-kata Bijak Nelson Mandela
Inggris: I learned that courage was not the absence of fear, but the triumph over it. The brave man is not he who does not feel afraid, but he who conquers that fear.

Menolak pemenuhan hak asasi manusia berarti menantang kemanusiaan itu sendiri. Membuat seseorang berada dalam penderitaan dengan kelaparan dan hidup yang penuh kekurangan (kemiskinan) berarti tidak memanusiakan mereka. Namun, hal-hal tersebut merupakan nasib buruk yang menimpa semua orang kulit hitam di negara kita di bawah sistem apartheid. Kata-kata Bijak Nelson Mandela

Saya menyukai teman yang memiliki pikiran terbuka karana mereka akan melayanimu untuk melihat segala masalah dari berbagai sudut pandang. Kata-kata Bijak Nelson Mandela
Inggris: I like friends who have independent minds because they tend to make you see problems from all angles.

Pimpin dari belakang dan biarkan orang lain percaya mereka ada di depan.
Inggris: Lead from the back and let others believe they are in front.

Kelihatannya semua itu mustahil sampai semuanya terbukti. Kata-kata Bijak Nelson Mandela
Inggris: It always seems impossible until it’s done.

Kita harus menggunakan waktu dengan bijaksana dan selamanya menyadari bahwa waktu selalu siap untuk berbuat benar. Kata-kata Bijak Nelson Mandela

Saya benci diskriminasi dan segala manifestonya. Saya bertarung sepanjang hidup saya, saya bertarung sekarang dan sampai akhir hayat saya.
Inggris: I hate race discrimination most intensely and in all its manifestations. I have fought it all during my life, I fight it now, and will do so until the end of my days.

Nelson Mandella-nelson mandella di seluruh dunia hendaknya bangkit dalam ketidakadilan apapun sistem di dunia ini. Semangat kesetaraan dan kesejajaran yang semestinya selalu digaungkan dalam gerakan yang revolusioner.

Masyarakat dunia tentu harus sadar tentang ekonomi dunia, politik dunia, dan aneka permasalahan dunia lainnya. Ini dimaksudkan agar kekuatan masyarakat dunia dalam menerima keadilan selalu menjadi yang utama.

Baca Juga:

Kata-kata bijak Nelson Mandella hanyalah satu dari sekian banyak fragmen hidup manusia yang bisa dijadikan pelajaran. Karena keadilan adalah hak setiap manusia tidak memandang latar belakang apapun.

Advertisements


gambar kata bijak nelson mandela