Caption Quotes Bung Tomo Gambar DP BBM Kata Mutiara “Merdeka atau Mati”


Caption Quotes Bung Tomo Gambar DP BBM Kata Mutiara Merdeka atau Mati

Caption Quotes Bung Tomo Gambar DP BBM Kata Mutiara “Merdeka atau Mati”. Siapa yang tak kenal Bung Tomo? Dari anak-anak hingga manusia dewasa penduduk Indonesia pasti mengenal sosok yang satu ini. “Pahlawan nasional dari bumi arek Suroboyo” sebagian orang menyebutnya. Jiwa perjuangan dan perlawanan kepada penjajah mampu menginspirasi dan menggerakkan masyarakat Surabaya dan sekitarnya kala itu untuk mengusir penjajah. Hingga digambarkan darah para pejuang kala itu mengalir bak air hujan yang deras.

Bung Tomo adalah pahlawan dari Surabaya. Nama dia sebenarnya adalaha Sutomo yang dilahirkan di Kampung Blauran, di pusat kota Surabaya. Ayahnya bernama Kartawan Tjiptowidjojo, seorang kepala keluarga dari kelas menengah. Ia pernah bekerja sebagai pegawai pemerintahan, sebagai staf pribadi di sebuah perusahaan swasta, sebagai asisten di kantor pajak pemerintah, dan pegawai kecil di perusahan ekspor-impor Belanda. Ia mengaku mempunyai pertalian darah dengan beberapa pendamping dekat Pangeran Diponegoro yang dikebumikan di Malang.

Caption Quotes Bung Tomo. Ibunya berdarah campuran Jawa Tengah, Sunda, dan Madura. Ia pernah bekerja sebagai polisi di kotapraja, dan pernah pula menjadi anggota Sarekat Islam, sebelum ia pindah ke Surabaya dan menjadi distributor lokal untuk perusahaan mesin jahit Singer.

Sutomo dibesarkan di rumah yang sangat menghargai pendidikan. Ia berbicara dengan terus terang dan penuh semangat. Ia suka bekerja keras untuk memperbaiki keadaan. Pada usia 12 tahun, ketika ia terpaksa meninggalkan pendidikannya di MULO, Sutomo melakukan berbagai pekerjaan kecil-kecilan untuk mengatasi dampak depresi yang melanda dunia saat itu. Belakangan ia menyelesaikan pendidikan HBS-nya lewat korespondensi, namun tidak pernah resmi lulus.

Sutomo kemudian bergabung dengan KBI (Kepanduan Bangsa Indonesia). Belakangan Sutomo menegaskan bahwa filsafat kepanduan, ditambah dengan kesadaran nasionalis yang diperolehnya dari kelompok ini dan dari kakeknya, merupakan pengganti yang baik untuk pendidikan formalnya. Pada usia 17 tahun, ia menjadi terkenal ketika berhasil menjadi orang kedua di Hindia Belanda yang mencapai peringkat Pandu Garuda. Sebelum pendudukan Jepang pada 1942, peringkat ini hanya dicapai oleh tiga orang Indonesia. (wikipedia)

Pemimpin Perlawanan 10 November 1945 Subabaya

Sutomo pernah menjadi seorang jurnalis yang sukses. Kemudian ia bergabung dengan sejumlah kelompok politik dan sosial. Ketika ia terpilih pada 1944 untuk menjadi anggota Gerakan Rakyat Baru yang disponsori Jepang, hampir tak seorang pun yang mengenal dia. Namun semua ini mempersiapkan Sutomo untuk peranannya yang sangat penting, ketika pada Oktober dan November 1945, ia menjadi salah satu Pemimpin yang menggerakkan dan membangkitkan semangat rakyat Surabaya.

Saat itu Surabaya sedang diserang habis-habisan oleh pasukan Inggris yang mendarat untuk melucutkan senjata tentara pendudukan Jepang dan membebaskan tawanan Eropa. Sutomo dikenang memiliki semangat perlawanan karena seruan-seruan pembukaannya di dalam siaran-siaran radionya yang penuh dengan agitasi perjuangan.

Meskipun Indonesia kalah dalam Pertempuran 10 November itu, kejadian ini tetap dicatat sebagai salah satu peristiwa terpenting dalam sejarah Kemerdekaan Indonesia.

Caption Quotes Bung Tomo Gambar DP BBM Kata Mutiara “Merdeka atau Mati”

Berikut ini caption quote Bung Tomo berupa gambar dp bbm kata mutiara “merdeka atau mati”.

Caption DP BBM Bung Tomo Terbaru Gambar Quote Kata kata Bahagia DP BBM Bung Tomo Gambar Quote Kata kata Bijak DP BBM Bung Tomo


Quote Caption DP BBM Bung Tomo Quotes Dp Bbm Bung Tomo Terbaru Quotes Dp Bbm Bung Tomo Terkini Quotes Dp Bbm Bung Tomo

Caption Quotes Bung Tomo. Tidak ada perjuangan tanpa pengorbanan. Perngorbana terkecil adalah menolak segala bentuk penjajahan. Dan sikap terbaik dari penolakan terhadap penjajah adalah melakukan perlawanan.

Perlawana dengan sepenuh jiwa dan raga akan mengantarkan pada hasil yang memuaskan. Hasil tidak selalu sama yaitu kemenangan melainkan keberpihakan sejarah atas pejuangan.

Baca Juga:

Semoga caption quotes Bung Tomo tersebut mampu memberikan semangat besar terhadap kita dalam mensyukuri kemerdekaan yang ada. Merdeka. Allohu Akbar!



Kata kata bung Tomo, bung tomo kutipan, kata penyemangat bung tomo, qiotes bung tomo, quotes bung tomo