Pantun Awal Agustus Terbaru Kata-kata Menyentuh dalam Bait Bulan Baru


Pantun Awal Agustus Terbaru

Pantun Awal Agustus Terbaru Kata-kata Menyentuh dalam Bait Bulan Baru. Sering kira mendengar sebuah ungkapan bulan baru harapan baru. Atau bulan baru semangat baru. Ada yang lain yang sejenis menghiasi laman-laman motivasi, layar hp Sobat, hingga tulisan bijak di dinding-dinding. Kata-kata ibarat udara yang siap masuk ke semua lini-lini kehidupan. Ia tak peduli akan hinggap ke benak siapa saja.

Kata-kata ringan yang enak di dengar dan sering menjadi bahan pelajaran misalnya sebuah pantun awal Agustus terbaru. Ini akan menjadi suguhan khas awal bulan dalam memasuki satu bulan paling meriah di Indonesia yaitu Agustus. Di bulan itu ada peringatan kemerdekaan (17 Agustus), hari pramuka (14 Agustus), hari konstitusi, hari maritim dan seterusnya.

Kali ini ada suatu pantun yang akan membuat Sobat lebih enjoy dalam menikmati hari demi hari di bulan Agustus. Silakan simak rangkaian bait-bait indah pantun dengan sajak yang menggugah hati. Pantun Agustus kali ini seiring semangat dalam kemeriahan bulan kemerdekaan, bulan lahir, bulan spesial, dan bulan yang kaya makna.

Apa itu Pantun

Mengenal pantun lebih jauh sehingga dalam menikmati berbagai tulisan juga lebih nyaman. Ada yang disebut pantun, puisi, prosa, hingga peribahasa. Nah apa itu pantun?

Pantun adalah salah satu jenis puisi lama yang sangat luas dikenal dalam bahasa-bahasa Nusantara. Pantun berasal dari kata patuntun dalam bahasa Minangkabau yang berarti “petuntun”. Dalam bahasa Jawa, misalnya, dikenal sebagai parikan, dalam bahasa Sunda dikenal sebagai paparikan, dan dalam bahasa Batak dikenal sebagai umpasa (baca: uppasa).

Lazimnya pantun terdiri atas empat larik (atau empat baris bila dituliskan), setiap baris terdiri dari 8-12 suku kata, bersajak akhir dengan pola a-b-a-b dan a-a-a-a (tidak boleh a-a-b-b, atau a-b-b-a). Pantun pada mulanya merupakan sastra lisan namun sekarang dijumpai juga pantun yang tertulis. Ciri lain dari sebuah pantun adalah pantun tidak terdapat nama penulis. Hal ini dikarenakan penyebaran pantun dilakukan secara lisan.

Semua bentuk pantun terdiri atas dua bagian: sampiran dan isi. Sampiran adalah dua baris pertama, kerap kali berkaitan dengan alam (mencirikan budaya agraris masyarakat pendukungnya), dan biasanya tak punya hubungan dengan bagian kedua yang menyampaikan maksud selain untuk mengantarkan rima/sajak. Dua baris terakhir merupakan isi, yang merupakan tujuan dari pantun tersebut.

Karmina dan talibun merupakan bentuk kembangan pantun, dalam artian memiliki bagian sampiran dan isi. Karmina merupakan pantun “versi pendek” (hanya dua baris), sedangkan talibun adalah “versi panjang” (enam baris atau lebih).

Pantun Awal Agustus Terbaru Kata-kata Menyentuh dalam Bait Bulan Baru

Setelah lebih detail mengetahui apa itu pantun coba simak kumpulan menarik aneka pantun awal Agustus terbaru untuk Sobat.

Makan nasi bersama lauk yang enak
Dengan minuman yang menyegarkan
Bila tekad hati sudah bulat
Segera lamar sebelum yang lainnya

Belajar tidap hari tak akan lupa
Karena kelak akan menerima akobatnya
Jika negara telah merdeka
Kita bulatkan tekad mengisinya

Makan gorengan bernama bakwan
Lalu minum segelas air bersamanya
Begitu besar jasa para pahlawan
Tak sepatutnya berkhianat padanya

Ke kandang membawa pakan
Pakan ternak untuk untuk si dia
Jiwa dan raga telah dikorbankan
Generasi penerus memajukannya

Harum semerbak bak minyak wangi
Tersebar luas di ruang instana
Jangan pernah merasa paling tinggi
Karena engkau manusia banyak dosa

Ke sekolah tidak pernah terlambat
Menuntut ilmu untuk digali
Jika tujuan telah kuat dan bulat
Kejarlah dengan semangat yang tinggi

Demikian dulu yang sobat CaptionKata.com dalam sajian pantun awal Agustus terbaru. Selain pantun juga ada puisi awal Agustus, peribahasa terbaru awal Agustus. kata-kata bijak bulan baru Agustus, dan caption awal Agustus bulan kelahiran.

Baca Juga:

Bagi Sobat yang sedang menjalankan hari ulang tahun di bulan Agustus kami ucapkan selamat. Semoga umurnya selalu berkah dan panjang. Amin.

Advertisements


pantun di bulan agustus, pantun tentang bulan agustus, Patun untuk bulan agustus, Pantun buat bulan agu, pantun bulan agustus, Pantun untuk bulan agustus, Patun untuk awal bulan agustus