Kata-kata Mutiara Hari Jumat Untaian Hikmah Penyegar Jiwa


Kata-kata Mutiara Hari Jumat

Kata-kata Mutiara Hari Jumat Untaian Hikmah Penyegar Jiwa. Ada hari yang spesial diantara hari-hari lainnya. Umat islam menyebutnya hari Jumat. Oleh karenanya tidak heran kita menjumpai istilah Jumat Mubarak atau hari Jumat Berkah. Tidak berlebihan memang karena keutamaan hari Jumat di dalam Islam melebihi hari-hari lainnya. Kata-kata mutiara hari Jumat yang sering didengungkan merupakan bagian dari Syiar Islam.

Hari Jumat ibarat obat yang siap menetralisir pengaruh destruktif hari lainnya. Atau hari jumat sebagai nafas panjang menapaki hari lainnya. Itulah setidaknya posisi hari Jumat di antara kaum muslimin. Kalimat hikmah motivasi islam juga menggema di hari Jumat ini. Adanya sholat Jumat memberikan tambahan daya spiritual bahwa Jumat memiliki arti tersendiri.

Kata-kata Mutiara Hari Jumat. Kata-kata bijak islam yang beredar setiap Jumat hadir merupakan penyemangat tersendiri. Pahala besar bagi setiap muslim menjalankan ibadah solat Jumat tidak berhenti juga di solat ada malamnya dengan berzikir, tilawah alquran, mandi pagi, membaca sholawat hingga bersedekah. Keistimewaan hari Jumat memang tidak dimiliki hari lainnya.

Baca Juga:

Kata-kata Mutiara Hari Jumat Untaian Hikmah Penyegar Jiwa

Berikut ini inspirasi malam jumat hingga pagi dan siangnya siap menemani Sobat semua. Kata-kata mutiara hari Jumat bisa menjadi bahan bacaan di saat menjelang istirahat, santai, dan usia solat jumat.

Berikut ini kata-kata mutiara hari Jumat yang siap menemani Sobat semua.

Bukti niat tulus seseorang adalah ketika sikapnya sesuai dan konsisten dalam mengimani firman-Nya.

Berhitung yang paling menguntungkan adalah tentang seberapa besar amal kita hingga saat ini.

Ketika kita menanyakan diri ini apakah sudah diampuni dosanya maka saat itu juga hati tergerak dan menangis harap cemas bilamana Allah swt belum mengampuni dosanya.

Kesalahan dan dosa bukanlah momok seseorang untuk menjadi yang lebih baik melainkan pelajaran penting agar setiap dosa selalu dibarengi dengan taubat.

“Gajah saja yang tidak sekolah bisa gemuk”, kata salah satu dai nasional. Ini memberikan arti bahwa rizky sudah ada yang mengatur tinggal bagaimana memaksimalkan ikhtiar.

Layang-layang terbang tidak mudah langsung tinggi. Ia harus dibantu untuk awalnya kadang terjatuh, tersangkut pohon, benang terputus, hingga dijahili orang. Ketika semua itu sudah dilalui maka indahnya layang-layang dengan tenang terbang diangkasa bisa dinikmati dari berbagai radius kejauhan.

Dari Abu Hurairah, sesungguhnya Rasulullah saw. Bersabda : “Sebaik-baik hari yang pada hari itu terbit adalah hari jumat, pada hari itu Adam diciptakan, pada hari itu ia dimasukkan ke jannah(surga) dan pada hari itu ia dikeluarkan dari jannah dan tidak akan terjadi hari kiyamat kecuali pada hari jumat.” (HR. Muslim dan Tirmidzi)

Dan dari Abu Musa, sesungguhnya ia pernah mendengar Nabi saw. Bersabda tentang waktu (mustajab di) hari jumat yang dimaksud : yaitu antara Imam duduk—di atas mimbar sampai selesai salat. (HR. Muslim dan Abu Dawud)

Sabda Rasulullah : “Sesungguhnya pada hari jumat itu ada satu saat, yang tidak ada seseorang yang memohon sesuatu kepada Allah pada saat itu melainkan Allah pasti akan memberi kepadanya.” (HR. Ibnu Majah dan At-Tirmidzi)

Nabi bersabda : “Sesungguhnya pada hari jumat itu ada satu saat yang tidak bertepatan seorang muslim yang sedang memohon kebaikan kepada Allah azza wa jalla melainkan pada saat itu Allah pasti akan memberinya. Saat itu sesudah ashar.” (HR. Ahmad)

“Shalat jumat itu wajib atas tiap orang muslim berjamaah kecuali empat orang : Hamba sahaya, atau wanita, atau anak-anak (yang belum baligh) atau orang sakit.” (HR. Abu Dawud dan Alhakim)

“Barangsiapa yang mandi kemudian mendatangi Jum’at, lalu ia shalat semampunya dan diam (mendengarkan khutbah) hingga selesai, kemudian ia lanjutkan dengan shalat bersama Imam, maka akan diampuni (dosa-dosa yang dilakukannya) antara hari itu dan hari jum’at yang lain. Dan bahkan hingga lebih tiga hari.” (HR. Muslim no. 857).

Sabda Nabi saw : “Perbanyaklah membaca salawat untukku pada hari jumat, karena sesungguhnya salawatmu itu disaksikan, yang menyaksikan adalah para malaikat, dan sesungguhnya seseorang tidaklah ia membaca salawat kepadaku melainkan doa salawat itu mesti ditampakkan padaku, sehingga ia selesai bersalawat.” (HR. Ibnu Majah)

Dijelaskan dalam sebuah hadits, dari Abu Lubabah Al Badri, sesungguhnya Rasulullah bersabda : “Penghulu hari adalah hari jumat, dan ia adalah seagung-agungnya hari bagi Allah, bahkan lebih agung bagi Allah daripada hari raya Fitri dan Adha. Dan pada hari jumat itu terjadi lima kejadian : 1) Allah menjadikan Adam pada hari itu, 2) Allah menurunkan Adam pada hari itu ke dunia, 3) Pada hari itu Adam wafat, 4) Pada hari itu tidak ada satu saat yang seseorang tidak memohon kepada Allah sesuatu melainkan pasti dikabulkan, selama ia tidak meminta barang yang haram. 5) Pada hari itu akan terjadi hari Kiyamat. Tidak ada malaikat yang dekat kepada Allah, langit, bumi, angin, gunung-gunung, lautan, melainkan semua mencintai hari jumat.” (HR. Ahmad dan Ibnu Majah)

“Dari Abdullah bin ‘Amr radhiyallahu anhuma, ia berkata: Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: “Tidaklah seorang muslim meninggal dunia pada hari Jumat atau pada malam Jumat melainkan Allah akan melindunginya dari fitnah (pertanyaan) kubur.” (HR. At-Tirmidzi, Ahmad, Humaid, Abu Ya’la, dan Al-Baihaqi).

“Sedekah itu dilipat gandakan pahalanya pada hari jumat (yakni bila sedekah itu pada hari jumat maka pahala berlipat ganda dari lain-lain hari.”(HR. Abi Syaibah)

Baca Juga:

Tidak mengherankan mengapa begitu spesialnya di hari Jumat. Bahkan di lembaga pendidikan tertentu hari Jumat dijadikan sebagai hari libur. Praktis selain bisa bebas melakukan ibadah juga dengan leluasa menjalan sunnah Nabi Muhammad saw.

Kata-kata Mutiara Hari Jumat. Uniknya hari Jumat bahkan membuat hati merasa segar kembali setelah malamnya beribadah dan siangnya sholat berjamaah. Ruh atau semangat hari Jumat seringkali menjadi inspirasi sebuah pekerjaan besar.

Selamat menikmati anugerah besar dalam kehidupan yaitu bersama hari Jumat yang mubarok.

Advertisements


dp bijak jumat penghulu nabi