Kata Bijak Bahasa Jawa Tentang Kehidupan Yang Sarat Akan Makna Lengkap Dengan Artinya


Kata Bijak Bahasa Jawa Terlengkap dan Terbaru

Kata Bijak Bahasa Jawa Tentang Kehidupan Yang Sarat Akan Makna Lengkap Dengan Artinya. Banyak sekali kata mutiara dalam bahasa Jawa yang memiliki makna kehidupan yang sangat bermanfaat untuk menjalani kehidupan sehari-hari. Petuah jawa yang dianggap lebih sarat akan makna yang sangat berguna bagi diri.

Bahasa jawa dipilih karena bahasa Jawa memiliki adab bahasa yang unik dan halus serta ada tingkatan bahasa yang digunakan untuk berbicara kepada teman sebaya, orang tua dan anak-anak. Ada berbagai macam bahasa jawa diantaranya bahasa jawa krama inggil, bahasa jawa krama alus, bahasa jawa kasar, bahasa jawa ngoko, bahasa jawa ngoko alus.

Dalam penyampaiannya juga ada unggah ungguh yang mesti dijunjung tinggi. Maka dari itulah kata motivasi bahasa jawa dipilih untuk ditampilkan didunia maya. Tujuannya untuk melestarikan dan nguri-uri bahasa jawa agar lebih dikenal anak muda zaman now dan tidak hilang tergerus perkembangan zaman yang semakin anarkis.

Kata Bijak Bahasa Jawa Tentang Kehidupan Terbaru

Berikut kata bijak bahasa jawa tentang kehidupan yang berhasil kami himpun, semoga bermanfaat untuk memperbaiki kehidupan bermasyarakat.

  • Ora kabeh uwong seneng marang opo sing dewe lakoni, ora popo, gag sah digagas sing penting dewe niate apek lan nglakoni kanthi bener (tidak semua orang suka dengan apa yang kita perbuat, tidak apa-apa yang penting niat kita baik)
  • Ojo gampang gumunan, ojo gampang getunan, ojo gampang kagetan sing biasa-biasa wae. (jangan mudah heran, jangan mudah menyesal, jangan mudah terkejut yang biasa-biasa saja)
  • Ojo pisan pisan mabuk bondo, opo meneh mabuk kuoso uripmu bakal sengsoro. (jangan sekali-kali mabuk harta, apalagi mabuk kuasa, hidupmu pasti sengsara)
  • Urip neng ndonyo mung pisan tumindako sing temen. (hidup didunia hanya sekali berbuatlah yang baik)
  • Urip iku urup. (hiduplah dengan banyak manfaat)
  • Ojo pisan-pisang ngumbar janji yen ora bakal iso nglakoni. (jangan sekali-kali berjanji kalau tidak bias menepati)
  • Ojo seneng ngumbar wirange konco, iku iso wae mbalik marang dewe. (Jangan suka membicarakan keburukan orang lain, keburukan orang yang kita bicarakan bisa menimpa kita juga)
  • Witing tresno jalaran soko kulino, witing mulyo jalaran soko rekoso. (cinta tumbuh dari kebiasaan bertemu, kehidupan yang lebih baik bermula dari kerjakeras)

Baca Juga:

Demikian tadi kata bijak bahasa jawa tentang kehidupan yang sarat akan makna serta menjunjung tinggi unggah ungguh dalam menyampaikannya. Sobat CK juga bisa menemukan caption bahasa jawa atau yang lainnya dengan mengunjungi laman captionkata.com.