7 Rekomendasi Olahraga di Rumah Saat Anda sedang Menstruasi

Rekomendasi Olahraga di Rumah Saat Anda sedang Menstruasi

Menstruasi tidak menjadi halangan bagi Anda untuk tetap melakukan olahraga di rumah. Olahraga saat haid atau menstruasi tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kebugaran tubuh, namun juga terbukti dapat meringankan berbagai keluhan yang mungkin muncul saat Anda datang bulan.

Semakin Anda aktif, maka berbagai keluhan nyeri pada bagian perut, pinggang bahkan pusing yang muncul saat sedang menstruasi bisa berkurang, hingga hilang sama sekali. Oleh sebab itulah, seyogyanya Anda tidak menghentikan kebiasaan olahraga saat sedang menstruasi, hanya saja sebaiknya Anda mengurangi level dan durasinya.

Olahraga yang Dapat Dilakukan di Rumah Saat Menstruasi

Melakukan olahraga di luar ruangan (out door) saat menstruasi memang cenderung tidak nyaman dilakukan. Namun Anda tetap bisa berolahraga di rumah saat sedang mengalami haid.

Inilah beberapa rekomendasi olahraga yang bisa Anda lakukan saat sedang menstruasi:

1. Olahraga Kardio

Anda bisa melakukan olahraga kardio, salah satunya adalah aerobik. Lakukan aerobik ringan di kamar atau ruang tamu menggunakan panduan dari youtube. Pilihlah yang memiliki durasi tidak terlalu lama agar tidak berlebihan.

2. Yoga

Yoga merupakan salah satu olahraga yang direkomendasikan saat menstruasi. Gerakan-gerakan yoga akan membuat otot Anda lebih rileks, dapat mengurangi kram dan pegal pada pinggang serta punggung akibat menstruasi. Selain itu yoga juga terbukti dapat mengurangi stress dan memperbaiki mood agar lebih baik.

3. Pilates

Pilates memiliki banyak variasi gerakan, saat sedang menstruasi fokuskan latihan pilates Anda untuk bagian yang nyeri seperti punggung bawah, pinggang dan perut bawah. Anda bisa mencoba gerakan rolldown agar bagian pinggang dan punggung lebih rileks.

4. Gerakan Duduk serta Berdiri

Tidak perlu memikirkan olahraga yang rumit dan sulit. Anda bisa melakukan olahraga dengan gerakan duduk berdiri. Yang harus Anda lakukan hanya menyiapkan sebuah kursi. Kemudian lakukan gerakan duduk selama tiga detik, dilanjutkan dengan berdiri selama tiga detik. Lakukan berulang kali, gerakan ini bermanfaat untuk melatih otot kaki dan mengurangi kram pada perut bawah akibat menstruasi.

5. Push-up dan Sit-up

Saat ini banyak tutorial workout yang dapat Anda lakukan dirumah. Saat sedang menstruasi ada baiknya Anda melakukan workout untuk melatih otot dan membuatnya menjadi rileks setelahnya.

Gerakan populer yang sudah terbukti memiliki banyak manfaat termasuk jika Anda lakukan saat sedang menstruasi adalah push-up dan sit-up. Lakukan dengan perlahan dan tidak terlalu banyak pengulangan.

6. Menari

Ingin olahraga yang menyenangkan saat sedang haid, sebaiknya Anda memilih olahraga menari. Berbeda dengan aerobik yang membutuhkan banyak tenaga. Menari lebih santai dan menyenangkan.

Selain menjadikan otot lebih rileks, menari juga terbukti dapat memperbaiki mood yang berantakan saat sedang menstruasi. Pilihlah lagu dengan tempo yag tidak terlalu cepat dan fokuskan pada kaki serta bagian bawah tubuh untuk meredakan keluhan menstruasi.

7. Latihan Angkat Beban Ringan

Latihan angkat beban sebenarnya tidak terlalu direkomendasikan dilakukan saat menstruasi. Namun jika Anda sudah terbiasa melakukannya Anda bisa melakukan latihan beban ringan saat sedang menstruasi. Usahakan Anda juga tidak melakukan latihan angkat beban dalam durasi yang cukup lama.

Itulah beberapa rekomendasi olahraga yang dapat Anda lakukan di rumah saat sedang menstruasi. Berdiam diri dan mengurangi aktivitas terkadang justru akan memperparah nyeri dan kram otot saat menstruasi.

Olahraga ringan akan membuat otot menjadi lebih rileks dan juga peredaran darah yang lancar. Sehingga hal itu akan dapat meringankan nyeri dan kram yang Anda alami di saat menstruasi.

Jika Anda ingin kerja sama iklan (sponsorship), content placement, pemasangan backlink dan kerja sama lainnya, Anda bisa menghubungi kami lewat WhatsApp:

Dewi: https://wa.me/6281326325743