7 Tips Menyewa Apartemen yang Tepat agar Sesuai Kebutuhan

Tips Menyewa Apartemen yang Tepat agar Sesuai Kebutuhan

Seiring dengan semakin banyaknya penduduk dan juga perkembangan industri. Lahan-lahan di kota besar juga semakin sedikit. Dengan kondisi lahan yang semakin minim maka pembangunan apartemen sebagai hunian dirasa lebih cocok.

Kebanyakan apartemen justru dibangun di area-area strategis yang dekat dengan lokasi perkantoran. Itulah sebabnya banyak orang memilih untuk tinggal di apartemen.

Seperti layaknya rumah, apartemen memiliki luas yang berbeda-beda. Jumlah kamarnya juga akan berbeda-beda sesuai dengan luas dan tipe. Bahkan terdapat pula apartemen studio untuk ukuran satu orang penghuni saja.

Harga apartemen juga bervariasi sesuai dengan tipe, fasilitas dan juga lokasinya. Namun, pada saat ini banyak pula apartemen yang disewakan dengan berbagai harga dan durasi penyewaan. Mulai dari harian, mingguan, bulanan, hingga sewa apartemen tahunan.

Bagi Anda yang masih single atau pasangan muda yang sama-sama sibuk, menyewa apartemen akan lebih praktis dibandingkan dengan menyewa atau mengontrak rumah. Pasalnya, apartemen sudah dilengkapi dengan perabot di dalamnya, jasa kebersihan sekaligus keamanan dan privasi lebih terjamin.

Selain itu, lokasinya juga banyak yang lebih strategis. Itulah mengapa saat ini juga banyak mahasiswa dan juga pekerja single yang lebih memilih menyewa apartemen studio dibandingkan dengan menyewa kamar kost (ngekos).

Tips Sewa Apartemen

Bagi Anda yang juga mempertimbangkan untuk menyewa apartemen untuk pertama kalinya, Anda tidak perlu bingung. Berikut adalah tips dan pertimbangan ketika hendak menyewa apartemen untuk pemula.

1. Menilai Kebutuhan & Melakukan Riset

Sebelum memulai mencari apartemen, yang perlu Anda lakukan pertama kali adalah memetakan kebutuhan Anda. Jika Anda single dan bekerja di luar, Anda hanya perlu menyewa apartemen studio.

Sebaliknya, jika Anda sering bekerja di rumah sebaiknya mempertimbangkan untuk menyewa apartemen tipe dua kamar agar memiliki ruang kerja yang memadai.

Begitupun jika Anda merupakan pasangan muda atau baru berkeluarga. Sesuaikan tipe apartemen dengan kebutuhan Anda. Setelah kebutuhan terpetakan mulailah melakukan riset mengenai apartemen yang cocok, range harga sewa dan lain-lain.

Untuk melakukan riset Anda tidak akan kesulitan, karena dapat Anda lakukan dengan membuka situs-situs yang menyediakan informasi mengenai apartemen yang disewakan lengkap dengan fasilitas, lokasi bahkan kontak pemilik.

2. Menentukan Lokasi yang Strategis

Jika riset yang Anda lakukan dirasa sudah cukup, Anda dapat mulai memilah lokasi apartemen yang Anda inginkan. Dalam menentukan lokasi ini ada hal yang perlu Anda perhatikan dan pertimbangkan.

Pastikan lokasi apartemen yang Anda pilih dekat dengan tempat Anda bekerja, dekat dengan pusat perbelanjaan, layanan kesehatan, fasilitas transportasi umum, bahkan layanan pendidikan jika Anda telah berkeluarga.

3. Mencari Tahu Fasilitas yang Tersedia

Banyak orang memutuskan tinggal di apartemen karena dirasa lebih praktis dan juga lebih lengkap fasilitasnya. Ketika Anda mencari apartemen, jangan lupa cari tahu semua fasilitasnya secara lengkap.

Pahami dengan baik apakah sudah tersedia perabotan dalam apartemen, bagaimana keberadaan dapur terutama untuk tipe apartemen studio, fasilitas olahraga dalam lingkungan apartemen seperti kolam renang, gym, hingga jogging track.

Selain itu juga ketersediaan playing ground untuk anak bagi Anda yang sudah berkeluarga, cleaning servis jika Anda sibuk, jaringan nternet, minimarket dalam komplek apartemen dan tempat parkir.

Tempat parkir seringkali dilupakan sehingga kadang akan menyulitkan penyewa terutama penyewa keluarga yang memiliki lebih dari satu kendaraan.

Sebelum mencari sebaiknya buatlah list kebutuhan Anda, kemudian sesuaikan dengan apartemen yang akan Anda pilih. Jika kesulitan untuk mencari yang benar-benar lengkap, upayakan sebagian besar fasilitas Anda terpenuhi dengan rencana bagi fasilitas yang tidak tersedia.

Di samping itu, Anda juga harus memastikan agar setelah Anda tinggal di apartemen, aktivitas Anda akan semakin mudah dan praktis.

4. Memastikan Fasilitas Keamanan

Salah satu nilai plus menyewa apartemen daripada rumah atau kamar kost adalah terletak pada fasilitas keamanan yang ditawarkan. Pastikan Anda memilih apartemen dengan layanan keamanan 24 jam, mulai dari CCTV dalam dan luar ruangan, dan satpam.

Sebaiknya, pilihlah apartemen dengan model kunci passoword atau kartu untuk meningkatkan keamanan. Sebaiknya Anda juga memilih apartemen di lokas yang tingkat kriminalitasnya cenderung rendah.

5. Membandingkan Harga

Setelah Anda menentukan beberapa pilihan apartemen yang sesuai denga keinginan dan kebutuhan Anda, lihatlah kisaran harga sewanya. Pastikan kisaran harga sewa ini memang sudah pas dan tidak akan memberatkan kondisi keuangan Anda.

Bandingkan harga masing-masing pilihan Anda dengan fasilitas yang ditawarkan. Setelahnya Anda dapat memilih yang mana yang menjadi pilihan utama Anda.

6. Survei & Bertemu dengan Pemilik Apartemen

Setelah menjatuhkan pilihan, carilah kontak penyewa apartemen yang Anda inginkan. Buatlah janji temu dan juga mensurvei apartemen yang akan Anda sewa secara langsung.

Untuk menghemat waktu, Anda dapat membuat janji temu langsung di lokasi. Saat mensurvey pastikan semua fasilitas sesuai dengan yang ditawarkan. Jangan terlewatkan untuk cek semua lampu dan juga kran air guna memastikan semuanya berfungsi dengan baik.

Tanyakan juga jika ada sesuatu yang kurang jelas dan hal-hal yang terasa mengganjal, atau yang ingin Anda ketahui.

Hal yang tidak kalah pentingnya adalah mengecek keberadaan sinyal. Karena ada beberapa Apartemen yang justru sulit untuk mendapatkan sinyal. Jika apartemen dilengkapi dengan fasilitas internet, pastikan Anda mencobanya saat pertemuan tersebut.

7. Membuat Perjanjian Sewa

Jika Anda sudah merasa cocok dengan apartemen tersebut, buatlah perjanjian sewa resmi berupa kontrak tertulis dan bermaterai antara kedua belah pihak.

Tuliskan hal-hal penting seperti harga sewa, pembayaran sewa mingguan, per bulan atau per tahun, tanggal jatus tempo sewa, tanggal jatuh tempo pembayaran uang sewa, dan biaya-biaya yang mungkin diperlukan, pihak yang menanggung jika diperlukan biaya perbaikan dan beberapa hal yang Anda rasa penting.

Dengan surat perjanjian dengan pasal tertulis bermaterai maka tidak akan ada pihak yang merasa dirugikan dengan transaksi sewa menyewa yang Anda lakukan.

Itulah tips sederhana yang sebaiknya Anda lakukan jika ingin menyewa apartemen. Dengan demikian Anda bisa mendapatkan apartemen yang sesuai dengan kebutuhan Anda.



tips menyewa apartemen