Syarat dan Tahapan Mengurus WIUP yang Perlu Diketahui

Syarat dan Tahapan Mengurus WIUP yang Perlu Diketahui

Bisnis pertambangan memang sedikit berbeda dari bisnis lainnya, karena selain membutuhkan surat izin usaha, para pebisnis pertambangan juga harus memiliki WIUP. Adapun WIUP atau Wilayah Izin Usaha Pertambangan adalah suatu bentuk perizinan yang hanya bisa dimiliki oleh pemegang IUP atau Izin Usaha Pertambangan.

WIUP sendiri merupakan salah satu jenis perizinan yang hanya dapat dimiliki oleh para pemegang IUP. Perizinan ini tertera dalam Undang-Undang khusus yang mengatur tentang Mineral dan Batu Bara. Ketika seorang pengusaha maupun badan tertentu telah mengantongi izin tersebut, maka mereka akan mendapatkan izin untuk beroperasi pada wilayah tertentu. WIUP sendiri tidak membatasi wilayah, jadi bisa saja wilayah Anda meliputi satu kota, lintas kota bahkan lintas provinsi.

WIUP ini dilengkapi dengan peta lokasi wilayah penambangan Anda, dan sifatnya wajib seperti tertera pada undang-undang khusus yang mengatur tentang Mineral dan batubara. WIUP ini akan menentukan legalitas aktifitas pertambangan yang Anda lakukan.

Wilayah izin usaha tersebut dapat berada dalam satu kota, lintas kota, hingga lintas provinsi. Apabila Anda tengah merencanakan sebuah usaha pada bidang penambangan mineral bukan logam dan batuan, maka perizinan satu ini sifatnya wajib. Pastikan Anda mengantonginya sebagai bukti legalitas usaha.

Syarat Pengajuan WIUP

Syarat Pengajuan WIUP

Seperti pengurusan surat izin pada umumnya, dalam pengajuan WIUP juga harus memenuhi beberapa persyaratan yang meliputi:

1. Persyaratan Administratif

Persyaratan administratif adalah persyaratan yang meliputi kelengkapan berbagai dokumen seperti: surat permohonan izin WIUP, fotocopy, lampiran NPWP,  KTP milik direktur ataupun komisaris perusahaan,  domisili tempat usaha Anda berdiri beserta bukti legalisirnya, profil perusahaan beserta nama direksi dan pemegang saham, Surat Izin Usaha Perdagangan alias SIUP, akta pendirian badan usaha, dan juga surat pernyataan keaslian semua dokumen terlampir.

Setelah semua dokumen persyaratan administratif tersebut lengkap, Anda dapat menyerahkan semua dokumen tersebut kepada pejabat berwenang pada masing-masing daerah.

2. Persyaratan Teknis

Persyaratan teknis dalam pengajuan WIUP adalah berupa peta permohonan WIUP, yang meliputi wilayah kerja pertambangan Anda. Peta yang digunakan untuk pengajuan permohonan ini bukanlah peta wilayah biasa, namun peta yang mengacu pada penggunaan peta dasar Rupabumi Indonesia (RBI). Dalam peta permohonan yang diajukan, juga harus berisi keterangan posisi koordinat garis lintang serta bujur lokasi tambang Anda berdasarkan sistem informasi geografis resmi.

3. Persyarat Finansial

Persyaratan terakhir yang harus dipenuhi adalah persyaratan finansial. Peryaratan ini merupakan pembayaran untuk pencadangan wilayah, dan juga pencetakan peta WIUP. Besarnya biaya akan bergantung pada luasnya wilayah kerja perusahaan Anda. Selain persyaratan administratif serta teknis, Anda juga perlu memenuhi syarat finansial. Syarat ini meliputi pembayaran terhadap biaya pencadangan wilayah. Selain itu, pembayaran juga meliputi biaya pencetakan peta sesuai luas wilayah perizinan.

Tahapan Pengajuan WIUP

Dalam pengajuan WIUP sampai diterbitkan Anda wajib mengetahui tahapan yang akan dilalui, yaitu:

  1. Pengajuan persyaratan administratif.
  2. Pengajuan persyaratan teknis meliputi peta wilayah dan juga daftar koordinat kepada kepada petugas Pelayanan Terpadu Satu Pintu alias PTSP untuk dilakukan verifikasi dan juga apakah wilayah Anda tumpang tindih dengan WIUP lain atau Tidak
  3. Setelah lolos verifikasi Anda akan mendapatkan surat permohonan rekomendasi tata ruang. Surat rekomendasi tata ruang ini akan diberikan oleh pejabat terkait tingkat kabupaten, kota, atau provinsi.
  4. Setelah Anda mendapatkan surat rekomendasi tata ruang Anda tinggal menyekesaikan persyaratan finansial sesuai jumlah yang sudah ditentukan dan menunggu sampai SK WIUP Anda keluar.

Tahapan pengajuannya memang cukup panjang, ditambah dengan banyaknya dokumen yang harus disiapkan. Oleh karena itu, jika Anda memiliki usaha pertambangan akan lebih mudah jika menggunakan jasa pembuatan WIUP.

Jika Anda ingin kerja sama iklan (sponsorship), content placement, pemasangan backlink dan kerja sama lainnya, Anda bisa menghubungi kami lewat WhatsApp:

Dewi: https://wa.me/6281326325743