Syarat Mengurus Surat Izin Usaha Jasa Pertambangan yang Perlu Diketahui

Syarat Mengurus Surat Izin Usaha Jasa Pertambangan yang Perlu Diketahui

Jika Anda ingin mengurus surat izin usaha jasa pertambangan (SIUJP), maka sebaiknya Anda pahami terlebih dahulu terkait SIUJP dan berbagai syarat atau lampiran yang harus Anda lengkapi.

Ketika Anda ingin memulai usaha pertambangan, maka Anda akan memerlukan beragam persiapan, terutama adalah terkait perizinannya. Mengurus dokumen perizinan ini tentu saja akan membutuhkan waktu yang cukup lama, dan segala persyaratannya harus Anda siapkan sebelmnya agar semuanya dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Syarat Penting dalam Mengurus SIUJP

Syarat Penting dalam Mengurus SIUJP

Berikut ini adalah beberapa persyaratan yang harus Anda lengkapi untuk mengurus surat izin usaha jasa pertambangan.

1. Data Dalam Bentuk Digital

Syarat pertama yang harus Anda siapkan ketika hendak mengurus SIUJP adalah data dalam bentuk digital. Adapun semua data ini sendiri harus dalam format PDF agar tidak rusak ketika terbuka.

Selain itu, lengkapi juga checklist yang terkait dengan semua syarat yang ada untuk pengecekan agar tidak ada yang kurang atau ketinggalan.

2. Bukti Pembayaran

Syarat pengurusan SIUJP yang selanjutnya adalah melengkapi bukti pembayaran. Anda harus melampirkan bukti pembayaran berupa peta Wilayah Izin Usaha Pertambangan (WIUP) dan pembayaran Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

3. Surat Pernyataan

Selanjutnya, syarat mengurus SIUJP adalah surat pernyataan yang mencakup kesediaan diri Anda guna mematuhi semua ketentuan perundang-undangan yang ada dan berlaku saat ini. Adapun surat pernyataan ini harus Anda bubuhi dengan tanda tangan basah dan materai sesuai ketentuan yang berlaku.

4. Dokumen untuk ISO

Syarat mengurus SIUJP yang berikutnya adalah melampirkan dokumen ISO, mulai dari ISO terkait kesehatan dan lingkungan hidup, ISO terkait manajemen lingkungan dan juga ISO yang berkaitan dengan manajemen mutu.

Semua persyaratan ini harus dilampirkan secara lengkap, sebagai bukti kelengkapan berkas dalam pengurusan SIUJP.

5. Susunan Hierarki Perusahaan

Untuk syarat yang kelima ini Anda harus melengkapi susunan hierarki dari perusahaan secara lengkap, yang mencakup nama, para pemegang saham dan berapa prosentase jumlah sahamnya, beserta dengan identitas diri dan NPWP.

6. Bukti Kompensasi & Pelunasannya

Adapun syarat untuk mengurus SIUJP yang berikutnya adalah melampirkan bukti kompensasi dan pelunasannya. Kelengkapan dokumen ini dalam bentuk scan dan dokumen aslinya guna penyerahan pada proses lebih lanjut.

7. Surat & Bukti Lelang Serta Jaminan Eksplorasi

Syarat untuk pengurusan SIUJP yang harus Anda lengkapi selanjutnya adalah surat dan bukti lelang beserta jaminan eksplorasi. Sama seperti sayarat nomor 6 di atas, dokumen kelengkapannya juga dalam bentuk scan dan dokumen asli sebagai bukti.

8. Surat Permohonan

Syarat yang ke delapan, Anda harus melengkapinya dengan surat permohonan dengan mencakup penulisan nama terang, tanda tangan basah dan materai yang asli sesuai ketentuan yang berlaku saat ini.

Itulah beberapa persyaratan yang harus Anda lengkapi dalam rangka pengurusan SIUJP. Jika Anda merasa bingung atau mengalami kesulitan, Anda bisa memperayakannya kepada jasa pengurusan SIUJP.

Jika Anda ingin kerja sama iklan (sponsorship), content placement, pemasangan backlink dan kerja sama lainnya, Anda bisa menghubungi kami lewat WhatsApp:

Dewi: https://wa.me/6281326325743