Inilah 6 Manfaat Telur Ayam Kampung untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui

Manfaat Telur Ayam Kampung untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui

Bukan rahasia lagi jika telur ayam merupakan salah satu sumber protein yang mudah didapatkan. Di pasaran terdapat dua jenis telur yang basanya dikonsumsi, yakni telur ayam kampung dan ayam negeri.

Adapun telur ayam kampung itu sendiri diyakini oleh banyak orang mempunyai kandungan nutrisi yang lebih sehat. Maka tidak mengejutkan jika terdapat perbedaan mengenai harga telur ayam kampung dengan ayam negeri.

Dari segi kandungan gizi, menurut Data Komposisi Pangan Indonesia, setiap 100 gram telur ayam kampung yang dimasak, umumnya mempunyai komposisi gizi berupa protein: 16.3 g; energi: 251 kalori (kal); karbohidrat: 1,4 g; lemak: 19,4 g; fosfor: 250 miligram (mg); kalsium: 62 mg; besi: 2,5 mg; vitamin a: 36 mikrogram (mcg); serta karoten: 221 mcg.

Beragam Manfaat Telur Ayam Kampung untuk Kesehatan

Beragam Manfaat Telur Ayam Kampung untuk Kesehatan

Tidak hanya menjadi sumber protein yang berkualitas, nyatanya telur ayam kampung juga memiliki kandungan lainnya mulai dari vitamin B1, omega-3, hingga antioksidan. Berikut ini adalah beberapa manfaat telur ayam kampung untuk kesehatan.

1. Meminimalisir Risiko Penyakit Jantung

Dengan mengonsumsi telur ayam kampung dapat meningkatkan kadar HDL (high density lipoprotein) hingga 10 persen. Perlu Anda ketahui, HDL merupakan jenis kolesterol yang baik bagi tubuh.

Selanjutnya, tingkat HDL yang lebih tinggi di dalam tubuh Anda, akan mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Dengan demikian akan membantu meminimalisir terjadinya risiko serangan jantung, stroke, dan penyakit Kardiovaskular lainnya.

2. Mengurangi Kadar Trigliserida

Telur ayam kampung kaya akan kandungan asam lemak omega-3, di mana mampu mengurangi kadar trigliserida di dalam tubuh Anda. Adapun trigliserida itu sendiri merupakan komponen kolesterol jahat yang dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit jantung.

3. Mendukung Fungsi Otak

Tidak hanya baik bagi kesehatan jantung, telur ayam kampung nyatanya juga mengandung kolin yang akan membantu dalam menjaga kesehatan otak serta mendukung fungsi otak.

Kolin berperan dalam mengoptimalkan produksi sel-sel otak serta membangun membran sel, di mana memiliki fungsi untuk mengantarkan sinyal pada otak.

4. Mencegah Katarak

Manfaat telur ayam kampung yang keempat adalah mencegah katarak. Hal itu disebabkan karena pada kuning telur ayam kampung memiliki beragam kandungan seperti vitamin A, lutein, dan zeaxanthin.

Anda tentu sudah mengetahui jika vitamin A bermanfaat dalam mengoptimalkan kemampuan penglihatan. Sedangkan lutein dan zeaxanthin dikenal sebagai antioksidan yang aktif bekerja pada retina mata.

5. Mendukung Perkembangan Sel

Manfaat yang selanjutnya dari telur ayam kampung adalah mendukung perkembanagn sel. Manfaat ini didapatkan dari kandungan proten di dalam telur ayam kampung, di mana protein memiliki peranan penting dalam pembentukan sel tubuh.

Selain itu, di dalam protein juga terdapat asam amino esensial di mana bermanfaat untuk mengoptimalkan perkembangan struktur sel. Tidak hanya itu saja, asam amino esensial ini juga akan membantu sel sehingga dapat bekerja dengan normal.

6. Cocok untuk Menu Diet Sehat

Telur ayam kampung juga baik digunakan sebagai menu diet sehat guna menurunkan berat badan. Kandungan protein di dalam telur ayam kampung merupakan makronutrien yang dapat memberikan sensasi kenyang lebih lama. Maka tidak mengejutkan ketika mengonsumsi telur ayam kampung, Anda akan lama terasa lapar setelahnya.

Beli Telur Ayam Kampung Berkualitas di SESA

Beli Telur Ayam Kampung Berkualitas di SESA

Dari uraian di atas dapat Anda pahami bahwa telur ayam kampung menyimpan banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Jika Anda ingin mendapatkan telur ayam kampung yang berkualitas, maka Anda bisa membelinya di SESA.

Adapun SESA itu sendiri memiliki alamat website di sesa.id. Selain itu, SESA juga tersedia dalam bentuk aplikasi untuk ponsel, yang bisa Anda unduh melalui Google Play Store dan App Store.