7 Cara Mengatasi Ketombe yang Membandel dengan Efektif dan Mudah Dilakukan

Cara Mengatasi Ketombe yang Membandel dengan Efektif dan Mudah Dilakukan

Rambut dan kulit kepala yang bersih dan juga sehat merupakan salah satu kunci penunjang kepercayaan diri. Kemunculan ketombe di antara rambut bahkan sampai rontok dan tampak pada baju akan membuat Anda tidak nyaman saat bersosialisasi.

Sebenarnya ketombe adalah sel kulit kepala yang mati dan berguguran karena digantikan dengan sel kulit yang baru.

Lalu mengapa sel kulit kepala mati berganti sangat sering hingga menjadi ketombe? Banyak hal yang menyebabkan pergantian kulit kepala yang terlalu sering, antara lain:

  • Adanya gangguan pada kelenjar minyak penghasil minyak kulit, sehingga kulit kering dan mati.
  • Jarang keramas, kulit kepala yang kotor mudah ditumbuhi bakteri dan jamur kulit yang mengakibatkan sel kulit kepala menjadi mati.
  • Terlalu sering keramas, menyebabkan kulit kepala kering dan mati.
  • Alergi terhadap kandungan kimia pada produk rambut yang Anda gunakan.
  • Gangguan kesehatan tertentu.

Banyak sekali produk perawatan rambut yang menawarkan solusi terhadap ketombe, mulai dari shampo untuk rambut ketombe, conditioner, hair lotion sampai serum.

Selain itu banyak pula bahan alami yang dapat menghilangka ketombe. Bahan-bahan alami ini sangat mudah ditemukan dan sudah pasti dalam penggunaannya tidak terdapat efek samping.

Cara Mengatasi Ketombe

Berikut beberapa cara mengatasi ketombe dengan bahan alami yang bisa Anda coba:

1. Jeruk Nipis

Salah satu bahan alami penghilang ketombe yang paling populer adalah jeruk nipis. Kandungan vitamin C, B1, B2, B3, B5 di dalam jeruk nipis dipercaya mampu menghilangkan ketombe serta memperkuat akar rambut.

Cara penggunaannya juga cukup mudah, Anda hanya perlu mencampur perasan air jeruk nipis dengan beberapa sendok air. Kemudian oleskan merata pada kulit kepala, diamkan beberapa saat dan bilas serta keramas hingga bersih.

2. Lidah Buaya

Tanaman sejuta manfaat ini ternyata juga ampuh untuk menghilangkan ketombe. Daging lidah buaya yang kaya akan vitamin tidak hanya menghilangkan ketombe. Namun juga dapat membuat kulit kepala dan rambut Anda menjadi lebih sehat, melebatkan rambut dan membuat rambut lebih berkilau.

Caranya kupas lidah buaya, ambil dan haluskan dagingnya. Kemudian oleskan merata pada kulit kepala dan rambut sebagai masker. Diamkan 30 menit kemudian bilas dengan air hingga bersih.

3. Baking Soda

Bahan dapur yang satu ini juga terkenal sebagai pembersih yang ampuh. Termasuk membersihkan kepala dari ketombe. Caranya adalah dengan melarutkan 1 sdt baking soda dengan air hingga menjadi pasta.

Selanjutnya, oleskan pasta baking soda ini ke kulit kepala hingga merata, kemudian diamkan selama kurang lebi 10 menit. Setelahnya bilas dengan air mengalir hingga bersih dan keramas seperti biasa.

4. Cuka

Cuka makan ternyata juga ampuh untuk mengatasi ketombe yang membandel. Ambil satu sdm cuka kemudian oleskan perlahan ke kulit kepala.

Lakukan dengan hai-hati agar tidak terkena mata karena bentuknya sangat cair. Diamkan beberapa saat hingga dirasa kering kemudian bilas dengan air hingga bersih. Untuk hasil maksimal gunakan 2 kali dalam seminggu.

5. Daun Sirsak

Daun sirsak terbukti memiliki banyak senyawa aktif yang dapat menghilangkan racun bahkan sel kanker. Ternyata daun sirsak juga ampuh untuk menghilangkan ketombe.

Caranya adalah menumbuk beberapa helai daun sirsak dan tambahkan sediit air hingga anjaadi pasta. Oleskan secara merata pada kulit kepala dan juga rambut sebagai masker. Diakan selama kurang lebih 30menit kemudian bilas dengan air.

6. Minyak Zaitun

Selain melembapkan rambut, minyak zaitun juga mampu menghilangkan ketombe. Caranya juga sangat mudah. Cukup oleskan minyak zaitun secaa merata pada kulit kepala sambil dipijat.

Diamkan beberapa saat kemudian bilas hingga bersih. Saat membilas gunakan shampoo agar tidak menyisakan lengket pada rambut dan kulit kepala.

7. Minyak Kemiri

Minyak kemiri merupakan produk perawatan rambut yang terpercaya semenjak dahulu. Minyak kemiri banyak digunakan untuk melebatkan dan menghitamkan rambut. Namun tahukan Anda ternyata minyak kemiri juga ampuh untuk mengilangkan ketombe?

Caranya, sebelum keramas oleskan minyak kemiri pada kulit kepala dan rambut secara merata, pijat-pijat lembut kemudian diamkan 30 menit. Setelahnya Anda dapat keramas seperti biasa.